Read more at http://shafaaulialkaf.blogspot.com/2012/04/menambahkan-google-analytics-di-blog.html#KYyejW572utK4IqS.99 SOLDIER OF ALLAH: Peran Wanita dalam islam

Sunday, March 17, 2013

Peran Wanita dalam islam



peran Wanita dalam Membangun Negara Dan Umat  

Wanita sebagai hamba Allah yang lemah, memiliki peran amat besar dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tanpanya, kehidupan tidak akan
berjalan semestinya. Sebab ia adalah pencetak generasi baru. Sekiranya di muka
bumi ini hanya dihuni oleh laki-laki, kehidupan mungkin sudah terhenti beribu-
ribu abad yang lalu. Oleh sebab itu, wanita tidak bisa diremehkan dan diabaikan, karena dibalik semua keberhasilan dan kontinuitas kehidupan, di
situ ada wanita.


I.             Peranan Wanita dalam Mendidik Umat

Syauqi mengatakan “Ibu ibarat madrasah, jika kau persiapkan maka sesungguhnya anda sedang menyiapkan bangsa (besar) yang wangi keringatnya.” Wanita adalah guru pertama bagi sang anak, sebelum dididik orang lain. Sejak ruh ditiupkan ke dalam rahim, proses pendidikan sudah dimulai. Sebab mulai saat itu, anak telah mampu menangkap rangsangan-rangsangan yang dberikan oleh ibunya. Ia mampu mendengar dan merasakan apa yang dirasakan ibunya. Bila ibunya sedih dancemas, ia pun merasakan demikian. Sebaliknya, bila ibunya merasa senang, ia pun turut senang. Kemudian bertambah hari, minggu dan bulan, yang pada wakunya ia terlahir ke muka bumi. Dari enol hari, ia sudah berusaha memahami apa yang diajarkan oleh seorang ibu. Bila seorang ibu membiasakan anak
nya dari kandungan sampai dewasa dengan adab-adab Islam, ia pun akan t
erbiasa dengan hal itu. Tapi sebaliknya, bila ibu membiasakan dengan adab-a
dab yang tidak Islami, iapun akan ikut seperti ibunya. Saat inilah shibgah seorang ibu sangat berpengaruh pada anak. Karena perkembangan otak sangat cepat. Daya ingat masih kuat. Bagi seorang ibu perlu memperhatikan hal berikut :

A. Tarbiyah Ruhiyyah.

1. Pendidikan Akidah.
Bagaimana seorang ibu mampu menanamkan akidah sedini mungkin, sehingga
anak meyakini bahwa kita hidup tidak semau kita. Tapi di sana ada pengatur,
pengawas tujuan hidup, akhir dari kehidupan. Kemudian meyakini bahwa apa
yang terjadi pada kita, pasti akan kembali pada sang khalik. Hal itu terangkum
dalam rukun iman yang enam. Ketika ia besar, ia tidak lagi ragu dan bingung
mencari jati diri. Siapakah aku? untuk apa aku hidup? siapakah yang harus aku
ikuti dan dijadikan idola ? Dan seterusnya.

2. Pendidikan Ibadah
Ketika ibu menjalani kehamilan sampai melahirkan, tidaklah berat baginya
untuk mengajak si calon bayi untuk ikut serta dalammelakukan ibadah harian.
Seperi: sholat, puasa, baca Alquran, berdoa, berdzikir, dan lain sebagainya.
Walau mungkin anak tidak paham apa yang dilakukan dan diinginkan ibunya,
tapi ketika ia menginjak dewasa (baligh), Insya Allah ibadah-ibadah tadi akan
mudah diajarkan. Sebab sudah sering melihat dan mendengar, sehingga takkan
terasa berat menjalaninya.

3. Pendidikan Akhlak.
Pembiasaan akhlak yang baik tidak perlu menunggu anak dewasa. Dari sini
harus sudah dibiasakan. Sebab kebiasaan yang baik, kalau tidak dibiasakan
dalam waktu yang lama, sangat sulit untuk menjadi akhlak. Justru ketika
kebiasaan baik tidak ada dalam diri kita, dengan sendirinya kebiasaan buruk
akan menghiasinya tanpa harus dibiasakan. Jika semenjak dalam kandungan seorang anak dibiasakan mencintai orang lain, maka ketika lahir, ia pun akan berusaha untuk mencintai orang lain. Apabila sfat-sifat sabar, tawadlu, itsar, tabah, pemurah, suka menolong orang lain dan sebagainya dibiasakan, insya Allah ketika anak sudah paham dan mengerti, akhlak-akhlak tadi akan menghiasi kehidupannya. Oleh sebab itu, Rasul menganjurkan kepada para pemu
da yang sudah waktunya nikah, untuk memilih calon istrinya seorang wanita
yang beragama dan berakhlak baik. Sebab dari wanita inilah, akan terlahir generasi yang beragama dan berakhlak baik juga. Ibu seperti inilah yang akan mengajarkan tuntunan agama yang telah terbiasa dan tertathbiq dalam diri
nya. Di antara tuntunan tersebut adalah akhlak yang mulia. Sedangkan wanita
yang cantik, pintar, atau kaya tidak menjamin akan melahirkan anak-anak yang
berakhlak mulia.

B. Tarbiyah Aqliyyah.

Kata seorang penulis puisi, “Otak tidak diasah, akan tumpul”. Pengasahan otak
semenjak kecil akan lebih bagus, ketimbang jika sudah besar. Bagai sebuah
pisau, semakin lama waktu mengasahnya, maka akan semakin tajam. Dalam
nasyid juga disebutkan, “Belajar diwaktu kecil, bagai mengukir di atas batu”.
Tapi seorang ibu juga harus bijaksana dalam hal ini. Jangan sembarangan
dalam memberikan buku-buku bacaan, untuk mengasah otak. Cukup banyak
buku-buku yang ingin menghancurkan generasi Islam.

C. Tarbiyah Jasadiyyah.
Pendidikan inilah yang sering mendapat perhatian dan jadi topik pembicaraan
para ibu yang baru mempunyai anak. Rangsangan-rangsangan ibu berupa olah-
raga balita, sangat membantu anak dalam perkembangan tubuhnya. Percepatan
proses semenjak si anak tengkurap, merangkak, jalandan lari, tidak bisa
dibiarkan sendiri. Namun bantuan ibu untuk melakuangerakan-gerakan itu
sangatlah dibutuhkan anak. Karena pada hakikatnya, insting yang dimiliki anak
belum mampu menjangkau apa yang harus ia lakukan agar bisa berbuat seperti
orang dewasa. Contoh kecilnya, ketika lahir, Rasulullah menyuruh para orang
tua untuk mentahniq dengan memijat langit-langit mulut agar mampu mengisap
air susu ibunya. Olah raga atau tarbiyyah jasadiyyah ini tidak terbatas pada usia
balita, tapi bahkan sampai dewasa dan tua.


II.            Peran Wanita dalam Mendampingi Suami.

Suami shaleh kebanyakan dibelakangnya ada istri shalehah. Laki-laki dalam
menjalankan tugasnya baik di dalam atau di luar rumah sering mendapat
kendala ujian dan cobaan. Kegoncangan jiwanya kadang-kadang tidak mampu
menngendalikannya sendiri. Nah, saat-saat seperti inilah peran dan batuan istri
sangat dibutuhkan. Istri yang shalehah selalu memberi dorongan untuk terus
maju memberi siraman ruhiyyah agar tetap semangat dalam menapaki duri-duri
jalanan, memberi bensin untuk tetap berjalan di atas rel Islam. Ketika suami
sedang panas tidak selayaknya istri mengompori, tapi berusaha untuk meredam
dan mendinginkan agar suami sadar dan sabar. Banyak sekali suami terjerumus ke lembah hina disebabkan istrinya tidak bisa membimbing ke arah yang baik. Juga tidak sedikit suami dulunya kurang baik setelah beristri justru ia makin membaik. Oleh sebab itu, wahai para ibu-ibu shalehah marilah kita dukung suami kita untuk menjadi suami yang shaleh. Mencurahkan tenaga, pikiran, bahkan nyawa untuk tegaknya Islam di muka bumi dengan tidak membebaninya dengan tugas-tugas rumah yang mana pabila kita mengerjakannya dengan ikhlas, kita akan dapat
pahala dan suami kita semakin sayang pada kita.
Semangat di medan dakwah dan juang, marilah kita berikan waktu seluas-
luasnya pada suami kita untuk mencurahkan waktu hidupnya untuk Islam
tercinta. Istri selain sebagai motor bagi suami, ia juga dibebani kewajiban-
kewajiban terhadap suaminya agar tercipta keluarga-keluarga yang sakinah,
mawaddah warohmah. Karena dari keluarga inilah akanterbentuk mujama’
mitsaly dan dari mujtama’ mujtama’ ini akan terbentuk daulah Islamiyyah.
Di antara kewajiban istri terhadap suami adalah :

Taat Suami
Tidak Keluar rumag tanpa idzin suami
Tidak menjauhi tempat tidur suami Iffah.
Qona’ah dan ridlo dengan apa yang Allah berikan.
Berhias dan memakai wangi-wangian .
Melaksanakan tugas-tugas rumah tangga.
Mendidik anak-anak.
Berlemah lembutdan berkata-kata manis.
Sembilan point ini bila kita mampu untuk menjalankan semua, Insya Allah
suami bahagia di rumah dan semangat di medan dakwah. Wahai para ibu,
jangalah engkau nyalakan api di keluargamu disebabkan kelalaiyanmu atas
kewajibanmu terhadap suami.


III.          Peran Wanita dalam Menegakkan Negara.

1) Peran Wanita dalam Dakwah.
Di samping wanita sebagai ibu rumah tangga dan pendidik generasi, ia dalam
satu waktu juga berperan sebagai pendidik para pemudi-pemudi dan ibu-ibu. Di
dalam rumah ia pendidik anak-anak, sedang di luar rumah ia pendidik sebagian
anggota masyarakat. Jumlah wanita di dunia ini lebih banyak dari pada jumlah laki-laki. Bila potensi ini tidak diarahkan dan dididik dengan baik, ia aka
n menjadi penghancur masyarakat, negara bahkan dunia. Suatu masyarakat dikatakan berhasil, bila wanitanya berakhlak mulia. Wanita bagaikan mahkota,
bila mahkota baik, maka seluruhnya akan kelihatan cantik dan bagus. Tapi bi
la mahkotanya rusak, maka yang lainpun tidak ada artinya apa-apa.
Seorang wanita tidaklah cukup berkutat dalam rumah saja sebagai IRT, karena
para tunas bangsa dan agama telah menunggu uluran tangannya. Apalagi pada
saat ini, umat sedang mengalami penurunan akidah, moral dan ibadah. Wanita
tak segan-segan lagi melepas jilbabnya. Bahkan menanggalkan pakaian
muslimahnya, justru pakaian-pakaian barat, pakaian orang kafir yang menjadi
kebanggan mereka. Tidak malu-malu lagi wanita menggandeng, ngobrol, pegang
sana pegang sini dengan laki-laki bukan mahram. Pergi berduaan tanpa merasa
berdosa.

Berkhalwat dengan alasan urusan organisasi, kantor dan sebagainya. Tidak
sampai di situ saja, bahkan lebih dari itu. Oleh sebab itu tugas kita adalah
mentarbiyah diri kita, anak-anak dan seluruh lapisan masyrakat, khususnya
kaum wanita. Sedang kaum lelaki, akan dididik oleh para suami dan pemuda-
pemuda yang akan mentarbiyah mereka. Bahu membahu antara kita dan suami
akan menciptakan sebuah masyarakat Islami, yang pada akhirnya akan menjadi
sebuah negara Islam.
Adalah Ummu Syarik, setelah masuk Islam, beliau mendakwahi wanita-wanita
Qurasiy secara diam-diam dan mengajak mereka menerima Islam. Zainab Al-
Ghazali adalah di antara figur wanita modern penerus Ummu Syarik. Meskipun
wanita dibolehkan keluar rumah -khususnya berdakwah- namun tetap ada
batasan-batasan seputar pakaian:
Pakaian harus menutup seluruh anggota tubuh, kecuali wajah dan telapak
tangan (dalam hal ini para ulama berbeda pendapat).
Pakaian tidak menarik perhatian.
Pakaian tidak sempit.
Tidak pendek bagian bawahnya.
Tidak beraroma minyak wangi.
Tidak menyerupai pakaian laki-laki, karena Rasulullah melaknat perempuan
yang menyerupai laki-laki.
Tidak memakai pakaian dengan maksud agar terkenal di antara manusia.

2). Peran Wanita dalam Peperangan dan Jihad.
Peperangan pada hakekatnya diwajibkan atas laki-laki, kecuali pada waktu-
waktu darurat. Tapi tidak menutup kemungkinan perempuan ikut andil di
dalamnya. Di antara perannya dalam hal ini adalah memberikan minuman,
mengobati yang luka-luka akibat perang, menyiapkan bekal dan lain-lain. Bila
para wanita melakukan hal ini dengan ikhlas, pahalanya sama dengan orang
yang berjihad.

Sejarah pun telah menuliskan dengan tinta emas, peranan wanita dalam
peperangan. Ketika perang Yarmuk, Khalid bin Walid sebagai panglimanya
menugaskan wanita, diantaranya Khansa`, untuk berbaris di belakang barisan
laki-laki, tapi jaraknya agak jauh sedikit. Tugas mereka adalah menghalau
prajurit laki-laki yang melarikan diri dari medan perang. Mereka dibekali pedang,
kayu dan batu. Shafiyah binti Abdul Muthalib juga pernah membunuh seorang
Yahudi pengintai. Dan banyak lagi contoh-contoh yang nyata yang dapat menjadi
suri tauladan bagi kita.


No comments:

Post a Comment